Minggu, 05 September 2010

Sejarah Berdirinya MTsN Pulosari

Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari Ngunut Tulungagung, merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah pertama yang berada dibawah naungan Departemen Agama. Terletak di jalan raya Pulosari yang trategis yakni desa Pulosari kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung Telp. (0355) 396176. Sekolah ini berada 11 km kearah timur kota Tulungagung dengan batas lokasi:
I. Sebelah Selatan : Rumah Penduduk
II. Sebelah Utara : Rumah Penduduk
III. Sebalah Timur : Jalan Desa Pulosari
IV. Sebelah Barat : Tanah Kosong

Masyrakat kecamatan Ngunut mayoritas beragama islam namun kenyataanya pada masa itu belum ada pendidikan formal yang berci khas Islam dan pada tahun 1967 mayarakat merasa terpanggil untuk mendirikan pendidikan formal dengan nama PGAI, yang menempati gedung milik SMPN selam 7 tahun.
Menyusul pula peraturan pemerintah yang menegaskan bahwa PGA 4 tahun di lebur menjadi Madrasah Tsanawiyah dengan nama Madraah Tsanawiyah Wali Songo pada tahun 1976, pada tahun 1980 berubah menjadi Madrasah Filial Aryojeding Rejotangan akhirya di populerkan oleh masyarakat dengan nama MTsN Filial Pulosari Ngunut Tulungagung.
Selanjutnya dengan semangat berjariah yang tinggi dari para wali dan beberapa pihak yang terkait, maka pimpinan Madrasah kerjasama dengan pengurus BP3 dapat membangun gedung yang terdiri 4 lokal di atas milik sendiri, gedung baru milik Madrasah Tsanawiyah Negeri Filial Pulosari Ngunut ini resmi di tempati pada tanggal 04 Desember 1989 sampai sekarang. Dan sejak tanggal 25 Nopember 1995 oleh pemerintah dinegerikan dengan nama Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari Ngunut, Berdasarkan Surat Keputuan Menteri Agama RI. Nomor: 515 A Tahun 1995

1 komentar: